Tuesday, June 10, 2008

Bioprospeksi Dan Biosistematik Mikroorganisme Indigenus Indonesia

Pelaksana : Yantyati Widyastuti, Judhi Rachmat, Shanti Ratnakomala, Roni Ridwan, Gina Kartina, Rohmatussolihat, Naniek Nurhayaty, dan Kurniawan
Abstrak
Actinomycetes merupakan anggota kelompok bakteri Gram positif yang telah lama diketahui berpotensi dalam menghasilkan antibiotik. Kegiatan bioprospeksi harus lebih banyak dilakukan untuk mengungkap potensi actinomycetes. Metode sederhana lempeng agar digunakan untuk skrining terhadap mikroorganisme patogen tanaman hortikultura. Dari 154 isolat yang diuji terhadap Ralstonia solanacearum diperoleh adanya 2 isolat yang dapat diuji lebih lanjut karena menunjukkan daya hambat yang besar (> 20 mm). Sementara pengujian produksi bahan aktif dari actinomycetes akan difokuskan pada pemakaian medium produksi (MP) karena pada medium ISP-2 daya hambatnya lebih rendah. Isolasi actinomycetes dilakukan menggunakan sample tanah dan serasah dari Sungai Wain, Kaltim dan Baturraden, Jateng. Dengan menggunakan 6 metode isolasi, hasil identifikasi menunjukkan adanya 18 genus dari Sungai Wain dan 10 genus dari Baturraden.

Kata kunci: bioprospeksi, biosistematik, patogen hortikultura,DIPA 2007 P2 Biotek LIPI

1 komentar:

viagra online 4:34 AM  

Saya pikir ini sangat baik pelaksana. Saya sangat mengagumi mereka karena mereka telah menggunakan imajinasi mereka untuk menciptakan sesuatu yang sangat eksklusif.

Komisi Bioetika Nasional

CGIAR Site Updates

FAO: BIOTECHNOLOGY

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP