Tuesday, June 10, 2008

Ekspresi Heterologus Gen M2 Virus Avian Influenza untuk mendukung Skrining Ekstrak Bahan Alam guna mencari Molekul Acuan baru ....

Ekspresi Heterologus Gen M2 Virus Avian Influenza untuk mendukung Skrining Ekstrak Bahan Alam guna mencari Molekul Acuan baru yang beraktifitas antivirus dalam menghadapi penyebaran virus H5 N1. Pelaksana : Ines I.C. Atmosukarto

Abstrak
Penyebaran virus Avian Influenza H5N1 memunculkan ancaman timbulnya pandemi yang menggarisbawahi pentingnya usaha mencari senyawa antivirus baru.
Hal ini dikarenakan virus tersebut sudah menunjukkan gejala resistensi terhadap beberapa jenis obat yang ada di pasaran. Indonesia memiliki kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan guna mencari senyawa antivirus baru dari sumber daya alam.
Untuk mencari senyawa antivirus baru diperlukan metoda penapisan (skrining) yang tepat untuk digunakan dalam menguji koleksi bahan alam agar teridentifikasi bahan alam yang berpotensi untuk dikembangkan secara komersial sebagai bahan obat baru bagi industri farmasi, industri jamu atau natural medicine/neutraceutical.
Kesuksesan skrining sangat tergantung dari target yang digunakan. Ilmu genetika molekuler dan teknologi DNA rekombinan memungkinkan identifikasi dan isolasi gen-gen penyandi protein termasuk enzim yang dapat dijadikan target skrining. Ada dua protein virus influenza yang telah diidentifikasi sebagai target dalam pengobatan influenza: protein M2 yang merupakan target dari senyawa amantadine dan rimantadine, dan enzim neuraminidase yang menjadi target dari senyawa zanamivir [nama dagang: Relenza] and oseltamivir [nama dagang: Tamiflu]. Resistensi terhadap inhibitor ion channel maupun inhibitor neuraminidase sudah dilaporkan dan persediaan obat juga diperkirakan tidak dapat mencukupi kebutuhan dunia apabila pandemik terjadi. Adanya sumber bahan alam beraktivitas antivirus diharapkan dapat membantu Indonesia dalam menghadapi krisis ini.

Kata kunci : Assay, skrining, M2, inhibitor, influenza, RUT 2007 P2 Biotek LIPI

0 komentar:

Komisi Bioetika Nasional

CGIAR Site Updates

FAO: BIOTECHNOLOGY

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP