Friday, August 29, 2008

LIPI Berikan Inventor Award pada 2 Peneliti

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali memberikan Inventor Award kepada 2 orang peneliti yang telah mendapatkan hak paten atas temuannya.

Kedua orang tersebut, yaitu Dr Enny Sudarmonowati, dengan karya temuan ”Proses Produksi Bibit Sengon dengan Cara Enkapsulasi Hasil Kultur Jaringan dengan no paten ID 0.20.032, dan Sunartoto, APU dengan karya temuan ”Peralatan Fototerapi menggunakan Lampu TL, UVB dengan no paten ID 00.19.948.

“Dengan dua karya yang telah dipatenkan tersebut, menambah jumlah paten peneliti LIPI menjadi 11 paten,” ujar Dr Ir Syahrul Aiman, Kepala Pusat Inovasi-LIPI di Jakarta, Sabtu (23/8).

Menurut Syahrul, penelitian tersebut sudah cukup lama diajukan, kendati baru saat ini paten atas temuan tersebut disahkan. “Prosesnya bisa lama, rata-rata lebih dari 3 tahun,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, diharapkan aturan paten bisa segera diubah agar waktunya tidak terlampau lama. “Total 11 paten, terhitung dari 1991 hingga 2008. Padahal, jumlah penelitian yang diajukan untuk dimintakan hak paten cukup banyak. Tahun ini saja, LIPI mengajukan sekitar lebih dari 100 temuan untuk diproses hak patennya,” ujarnya. (Lea)

Sumber : TEchnology Indonesia (25 Agustus 2008)

0 komentar:

Komisi Bioetika Nasional

CGIAR Site Updates

FAO: BIOTECHNOLOGY

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP