Friday, December 04, 2009

Daun Mint Brasil Ringankan Rasa Sakit

SECANGKIR minuman dari daun 'hyptis crenata'--lebih populer dengan nama 'mint' brasil--dapat bekerja seperti obat peringan rasa sakit atau analgesik. Masyarakat Brasil sudah memanfaatkan tumbuhan itu sejak berabad-abad silam untuk mengatasi aneka masalah kesehatan mulai dari sakit kepala, sakit perut, hingga demam dan flu.

Sebuah tim peneliti dari Universitas New Castle, Inggris, membuktikan secara ilmiah khasiat tumbuhan itu. Tim yang dikomandoi Graciela Rocha mengadakan survei ke Brasil untuk mengetahui bagaimana daun 'mint' diolah dan seberapa banyak yang harus dikonsumsi.
Metode yang paling banyak dipakai adalah merebus daun 'mint' brasil kering selama 30 menit, lalu didinginkan sebelum diminum layaknya teh.

Tim Rocha menguji coba minuman itu pada tikus laboratorium. Hasilnya, ketika diberikan dalam dosis setara dengan yang biasanya diberikan para tabib tradisional, daun 'mint' brasil ampuh mengurangi rasa sakit.

Dr Beverly Collett, ketua Koalisi Kebijakan Penyakit Kronis di Inggris, mengatakan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan molekul-molekul yang terlibat. (EP/BBC News/X-6)

Minggu, 29 November 2009 00:01 WIB
http://www.mediaindonesia.com/

0 komentar:

Komisi Bioetika Nasional

CGIAR Site Updates

FAO: BIOTECHNOLOGY

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP