Tuesday, December 11, 2012

Biotech Expo Media Efektif Sosialisasikan Perkembangan Bioteknologi dan Aplikasi


Berkembangnya bioteknologi, upaya pemanfaatan keanekaragaman hayati dapat lebih leluasa dan diharapkan lebih optimal dengan resiko kerusakan lingkungan seminimal mungkin Aplikasi industri bioteknologi  di Indonesia dapat difokuskan dalam berbagai bidang seperti 1). Rekayasa genetik untuk mendapatkan bibit unggul dalam rangka peningkatan produktivitas dan kelestarian usaha  budidaya komoditas berbasis keanekaragaman hayati agar lebih ramah lingkungan dan sustainable 2). Industri farmasi dan kosmetik untuk menghasilkan senyawa yang dapat digunakan untuk pengobatan dan kecantikan misalnya : anti inflamasi, anti kanker, antibiotik, fungisida dll. 3). Industri kertas, cat, film dll berbasis sumberdaya hayati laut, 4). Bioenergi untuk produksi bioethanol dan biodisel, 5). Pengembangan teknologi baru untuk monitoring, memperbaiki, melindungi dan me-manage  lingkungan  termasuk di dalamnya remediasi dll. dan 6) Menemukan bahan-bahan baru misalnya : biopolymer atau enzym yang berasal dari kekayaam biodiversitas yang kita miliki, yang dapat digunakan untuk industri.


Dalam rangka untu sosialisasi perkembangan ilmu bioteknolgi dan aplikasinya di berbagai bidang serta prospek pengembangannya maka Fakultas Bioteknologi UKDW bekerja sama dengan berbagai pihak seperti 1). Balai Besar Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Tawangmangu, 2). Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Tanaman Hutan, Sleman 3). Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoar Penyakit, Salatiga, 4). Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, serta  5). Pihak swasta seperti PT ITS Science Indonesia, PT. Sido Muncul dan Djarum Foundation, bersama menggelar BIOTECH EXPO 2012  selama 5 hari dari tanggal 19 – 23 Nopember dengan tema ”Biodiversity, Biotechnology and Bioentrepreneur” di Atrium Gedung Agape Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Pembukaan BioTECH EXPO 2012 dilakukan pada hari Senin tanggal 19 Nopember 2012 pukul 09.00  yang diawali dengan penyampaian  sambutan dan laporan Dekan Fakultas Bioteknologi Drs. Kisworo M.Sc, dan dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Rektor UKDW Bapak Djohan Ph. D. Dalam acara pembukaan juga dilakukan penyerahan secara simbolis bibit tanaman dari Djarum Foundation ke UKDW untuk program konservasi telaga di Semanu, Tepus yang akan dilakukan pada tanggal 8 Desember 2012 serta penyerahan buku Ekologi Tropis oleh Dekan Fakultas Bioteknologi kepada perwakilan sekolah di lingkup kota Yogyakarta.
Selama BIOTECH EXPO 2012 berlangsung panitia menggelar berbagai acara seperti sarasehan dengan mengangkat topik ”Tantangan dan Peluang Aplikasi Bioteknologi di Bidang Farmasi” yang akan disampaikan oleh Ir. Indah Praptiningsih M.Sc Ketua Balai Besar Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Tawangmangu, dan dilanjutkan  dengan workshop  Traditional Gift shop and Jamu, berikut Foto Workshop Traditional Gift Shop and Jamu yang diselenggarakan setelah pembukaan acara dan diikuti oleh sekitar 40 peserta terdiri mahasiswa, siswa dan pendeta dll.
Untuk hari selasa tanggal 20 November digelar acara National workshop on Optimalization of Natural Resources Management Based on Local Wisdom dengan pembicara Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Papua Ir. Marten Kayoi dan Donna Reyes dari Filipina. Selain acara sarasehan dan workshop juga diadakan berbagai acara pelatihan seperti Teknologi DNA, Aplikasi Teknologi Protein, Pelatihan Budidaya Jamur, Pembibitan Anggrek  yang akan disampaikan oleh dosen-dosen Fakultas Bioteknologi UKDW dan ikuti oleh siswa-siswa SMA yang berasal dari kota Yogyakarta dan Magelang.
Acara BioTECH Expo 2012 akan ditutup tanggal 23 November 2012 dengan  pementasan gelar budaya dan seni, akustikan, gelar produk daur ulang dan green photography. Diharapkan dengan penyelenggaraan BioTECH EXPO ini minat siswa dan mahasiswa untuk menekuni dan melakukan riset dibidang bioteknologi semakin meningkat serta terbukanya peluang kerjasama antar perguruan tinggi, pemerintah dan sektor swasta (industri) untuk bersama-sama mengembangkan bioteknologi dalam upaya pemanfaatan sumberdaya hayati secara optimal dan berkelanjutan menuju indsutri bioteknologi yang tangguh.

1 komentar:

BioSeven Online 1:00 PM  

BioSeven Online [ HP:0821 4123 5115 / 081 703 5151 62 / 0888 0370 8872 – JKT: (021) 502 88 232 - SBY: (031) 78 400 430 / 596 6125 - biosevens@gmail.com – www.bioseven.asia ] Green Environmentally Friendly Products


BioSeven septic tank terbuat dari bahan FRP (Fiber Reinforced Plastic) yang didisain khusus sebagai pengganti septic tank konvensional (Beton) dan bisa diupgrade menjadi Mini STP (IPAL = Instalasi Pengolahan Air Limbah).

Keunggulan BioSeven septic tank
1. Bentuk kecil & ringan
2. Pemasangan cepat dan mudah
2. Langsung ditanam, tidak memerlukan dinding batu bata
3. Penurunan BOD dapat mencapai 1/3 dari BOD Influent
4. Anti bocor, anti korosi dan tahan lama, sampai 50 tahun
5. Telah dilengkapi dengan Media cell & Desinfectant system

BOD IN : 250 mg / l BOD OUT : 20 mg / l
COD IN : 300 mg / l COD OUT : 30 mg / l
TSS IN : 250 mg / l TSS OUT : 20 mg / l

Cara kerja
Didisain untuk membentuk proses penguraian limbah dengan kondisi anaerobic,dimana kondisi tersebut dibuat seideal mungkin sehingga penguraian limbah padat menjadi limbah cair berjalan dengan sangat baik dan cepat. Di dalam tank BOD akan menurun drastis menjadi 1/3 dari kandungan sebelumnya.
BioSeven septic tank identik dengan septik tank Modern yang sangat ideal. Karena didisain dengan perhitungan Hydraulic flow per-hari, serta dibuat dengan pemipaan yang sempurna, sehingga sangat efektif, aman dan efisien dibandingkan dengan septik tank konvensional.
BioSeven septic tank, dapat diaplikasi terlebih dahulu sebelum diupgrade menjadi Sistem Pengolahan Limbah yang lebih sempurna. Karena di dalam BioSeven septic tank sudah terdapat Diffuser, Sludge Return System serta media bakteri yang jika ditambah mesin Aerator, maka BioSeven septic tank akan otomatis ber-ubah menjadi system yang Fully
Aerobic dan berfungsi seperti Sewage Treatment Plan (STP). Selain itu BioSeven septic tank, juga didisain sangat kuat, sehingga tidak memerlukan dinding batu bata pada saat instalasi.

Komisi Bioetika Nasional

CGIAR Site Updates

FAO: BIOTECHNOLOGY

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP