Tuesday, June 10, 2008

Upaya Perbaikan Mutu Genetik Sapi Potong dan Usaha Tani Hijauan Makanan Ternak di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT

Pelaksana : Baharuddin Tappa
Abstrak
Kegiatan perbaikan mutu genetik sapi potong secara terpadu yang dilakukan mulai tahun 2003-2005 merupakan bagian dari Program Riset Kompetitif Wilayah Perbatasan Nusa Tenggara Timur yang kegiatannya dilakukan di Kelompok Peternak di Kabupaten Belu.
Sedangkan untuk tahun 2006 kegiatan telah dilanjutkan di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan arti strategis dalam usaha perbaikan kualitas dan kuantitas sapi potong di NTT dan peningkatan pendapatan masyarakat marginal yang berada di wilayah perbatasan. Kegiatan ini lebih diarahkan pada pemberdayaan dan pembinaan kemampuan masyarakat peternak yang berwawasan agribisnis dan lingkungan hidup. Dengan pola ini diharapkan akan terbentuk kelompok peternak yang dapat dijadikan acuan pengembangan peternakan di lahan marginal yang memiliki iklim kering yang panjang. Pola pembinaan kelompok peternak yang dilakukan meliputi alih teknologi seperti kawin suntik (IB), pemeriksaan kebuntingan dan kesehatan, pemeliharaan, pemberian pakan yang berkualitas dan tersedia sepanjang tahun merupakan target utama dari program ini. Hasil yang diperoleh selama 1 tahun terakhir ini adalah terbentuknya kelompok peternak binaan ATAPAIN Desa Usapinonot, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara.

Kata kunci : Sapi, Perbaikan mutu genetik, Belu, NTT, RIset Kompetitif 2007 P2 Biotek LIPI

No comments:

Tiga Tahun Lagi, Indonesia Yakin Lepas dari Impor Sapi

Jumat, 8 Januari 2016 Program sapi unggulan berhasil dikembangkan. VIVA.co.id - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasa...